PETUNJUK PELAKSANAAN
                            COLOR GUARD CONTEST HB CUP 2003
                            
                          I. NAMA KEGIATAN
                            Color Guard Contest Hamengku Buwono Cup 2003
                          II. PENYELENGGARA
                            Forum Komunikasi Marching Band Perguruan Tinggi se-Daerah 
                            Istimewa Yogyakarta ( ForkoMB DIY ) 
                            websites : www.hb-cup.org E-mail : panhbcup@yahoo.com
                          III. DASAR PEMIKIRAN
                            Perlunya suatu kejuaraan color guard yang dapat menjadi 
                            wadah edukatif bagi perkembangan color guard di tingkat 
                            nasional. 
                          IV. MAKSUD DAN TUJUAN
                            1) Memberikan alternatif kegiatan yang terarah bagi 
                            generasi muda.
                            2) Terciptanya iklim kompetisi yang baik dan berkesinambungan.
                            3) Mengembangkan color guard Indonesia.
                            4) Wahana pengukuran kemampuan dalam berprestasi di 
                            tingkat nasional.
                          V. SASARAN
                            Group-group color guard yang ada dalam unit-unit marching 
                            band atau pun group-group color guard yang independen.
                          VI. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN 
                            1. Waktu Pelaksanaan : 09 Juli 2003
                            2. Waktu : 09:00 s/d 15:00 Wib
                            3. Tempat pelaksanaan : Among Rogo Hall(indoor) Yogyakarta
                          VII. PENDAFTARAN DAN TECHNICAL MEETING
                            a. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir 
                            pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar 
                            Rp. 500.000,00 ( Empat ratus ribu rupiah ) untuk setiap 
                            tim. Pendaftaran untuk uji coba lapangan sebesar Rp. 
                            400.000,00 per jam (tiap tim diberikan kesempatan 
                            maksimal 1 jam per hari)
                            b. Technical Meeting I 
                            Tempat : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
                            Tanggal : 02 Maret 2003
                            Pukul : 09.00 - 15.00 WIB
                            Materi : Pembahasan petunjuk pelaksanaan
                            c. Technical Meeting II
                            Tempat : Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta (tentatif)
                            Tanggal : 06 Juli 2003
                            Pukul : 09.00 - 15.00 WIB
                            Materi : Pembahasan teknis perlombaan penarikan nomer 
                            urut peserta
                            d. Batas waktu pendaftaran : 1 Juli 2003
                            BCA KCU Sudirman No.Rek : 0370442061 a.n. M. Nesekumaren
                          VIII. PENGUNDURAN DIRI
                            Pengunduran diri dapat dilakukan secara tertulis serta 
                            ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, 
                            sedangkan uang pendaftaran TIDAK DAPAT diambil kembali.
                          IX. PERATURAN LOMBA
                            1. PERALATAN
                            a) Peralatan yang besar dapat diletakkan terlebih 
                            dahulu dekat arena pertandingan sesaat sebelum giliran 
                            penampilannya tiba. Lokasi penempatannya akan ditentukan 
                            kemudian.
                            b) Peserta tidak diperbolehkan untuk menggunakan :
                            I. Semua jenis peralatan yang berbahaya. Misalnya 
                            : listrik, asap, kembang api, petasan, lampu serta 
                            benda lain yang mudah terbakar.
                            II. Binatang.
                            III. Bendera Negara ( harus dimodifikasi ).
                          2. PELAKSANAAN TEKNIS LOMBA
                            A. PROSES MENUJU PENAMPILAN
                            1) Setibanya peserta di Among Rogo, manager tim harus 
                            segera melaporkan kedatangan timnya kepada panitia 
                            ( Seksi Roll Call). Kemudian mengisi formulir kedatangan.
                            2) Selama waktu menunggu, peserta dapat melakukan 
                            pemanasan di luar Among Rogo. Tempat akan ditentukan 
                            panitia.
                            3) Sepuluh menit sebelum giliran penampilannya, peserta 
                            harus sudah siap di pintu masuk arena. Pada saatnya 
                            seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta 
                            untuk memasuki arena.
                            4) Selama peserta mempersiapkan dirisebelum waktu 
                            tampil, anouncer akan mengumumkan data dari peserta 
                            yang bersangkutan.
                            5) Setelah peserta siap pada posisi start, anouncer 
                            akan bertanya pada juri apakah mereka sudah siap. 
                            Kemudian anouncer langsung mempersilahkan peserta 
                            untuk memulai penampilan.
                          B. KETENTUAN WAKTU
                            1) Waktu penampilan dihitung mulai gerakan pertama 
                            pemain atau bunyi not pertama dari musik sampai dengan 
                            gerakan terakhir penampilan yang harus ditunjukkan 
                            dengan akhir penampilan yang jelas.
                            2) Waktu penampilan ( Show Time ) : min. 5 (lima) 
                            menit, maks. 7 (tujuh) menit.
                            3) Waktu masuk arena ( Entry Time ) : 2 (dua) menit.
                            4) Waktu keluar arena (Exit Time) : 2 (dua) menit.
                            5) Waktu penggunaan peralatan (Equipment Time) : min. 
                            4 (empat) menit.
                          C. ARENA
                            1) Color Guard Contest dilakukan di Among Rogo Hall(indoor) 
                            Yogyakarta, dengan luas arena penampilan seluas Lapangan 
                            Basket.
                            2) Seorang pemain atau lebih yang sedang tampil tidak 
                            diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena.
                            3) Setiap pemain harus terlibat dalam efek visual 
                            penampilan.
                            4) Proses masuk boleh diiringi oleh taped music, tetapi 
                            harus berhenti pada saat peserta sudah berada pada 
                            posisi start. Begitu juga dengan proses keluar dimana 
                            taped music mulai berbunyi min. 5 (lima) detik setelah 
                            musik penampilan berhenti. 
                            5) Festival akan dilengkapi dengan sound system yang 
                            berkualitas tinggi.
                          D. KOMPOSISI/KEKUATAN PESERTA
                            1) Jumlah pemain : min. 8 (delapan) orang.
                            2) Jumlah helpers : maks. 15 (lima belas) orang.
                          E. PENILAIAN
                            A. Kriteria penilaian dan jumlah nilainya :
                            1. Analisis Perpindahan Individu
                            ( Individual Movement Analysis )……….…..………..: 20
                            a. Perbendaharaan ( Vocabulary ) : 10 
                            b. Kesempurnaan ( Excellence ) : 10 
                            2. Analisis Perlengkapan Individu
                            ( Individual Equipment Analysis )……………………..: 20
                            a. Perbendaharaan ( Vocabulary ) : 10
                            b. Kesempurnaan ( Excellence ) : 10
                            3. Analisis Ansambel
                            ( Ensemble Analysis )…….. …………….………………. : 20
                            a. Komposisi ( Composition ) : 10
                            b. Kesempurnaan ( Excellence ) : 10
                            4. Efek General 
                            ( General Effect )……………………………………….…..: 20
                            a. Efek Repertoar ( Repertoir Effect ) : 10
                            b. Efek Penampilan ( Performance Effect ) : 10 
                            TOTAL : 100 
                          B. Penalti
                            a. Waktu penampilan kurang dari 5 menit. Dihitung 
                            
                            kekurangannya setiap kelipatan 3 detik dan dibulat
                            kan ke atas.
                            …………………………………………………………………0,1
                            b. Waktu penampilan lebih dari 7 menit. Dihitung
                            Kelebihannya setiap kelipatan 3 detik dan dibulatkan
                            ke atas.
                            ………………………………………………………………...0,1
                            c. Equipment Time kurang dari 4 menit. Dihitung ke
                            kuranganya setiap kelipatan 3 detik dan dibulatkan 
                            
                            ke atas.
                            ………………………………………………………………...0.1
                            d. Keterlambatan memenuhi panggilan. Maksimal 3 (tiga) 
                            kali panggilan. Jarak untuk setiap panggilan adalah 
                            60 detik. Jika sampai batas waktu yang ditetapkan 
                            belum hadir juga, maka tim yang bersangkutan dinyatakan 
                            gugur.
                          X. PENGHARGAAN
                            A. Tim
                            1. Juara umum
                            2. Runner Up I
                            3. Runner Up II
                          B. Kategori Penilaian
                            1. Individual Movement Analysis ( Terbaik I dan II 
                            )
                            2. Individual Equipment Analysis ( Terbaik I dan II 
                            )
                            3. Ensemble Analysis ( Terbaik I dan II )
                            4. General Effect ( Terbaik I dan II ) 
                           
                          XIII. PROTES
                            Penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat, 
                            kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan 
                            diperbaiki sebagai mana mestinya. Bila peserta merasa 
                            dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis 
                            kepada Ketua Judge Member HB CUP melalui Ketua Panitia 
                            yang ditandatangani oleh manager tim serta membayar 
                            biaya protes sebesar Rp 1.000.000,00 selambat-lambatnya 
                            1 jam setelah pengumuman hasil penilaian.
                          XIV. LAIN-LAIN
                            Bendera Unit dan data-data peserta diserahkan paling 
                            lambat pada saat Technical Meeting II. Hal-hal yang 
                            belum diatur dalam Petunjuk Pelaksanaan ini akan diatur 
                            kemudian.
                          Panitia HB CUP 2003